Contact Us

PT Mitratex Konsultan adalah perusahaan yang berfokus pada layanan strategis TI dan tata kelola TI. Kami membantu klien kami dalam merencanakan, mengembangkan, mengatur dan mengimplementasikan solusi teknologi informasi. Kami membantu klien kami dalam menyusun Rencana Strategis TI, Arsitektur Perusahaan, Tata Kelola TI, Desain dan implementasi sistem informasi dan teknologi informasi. Kami sangat memperhatikan solusi kami secara detail, dan untuk memastikan bahwa solusi tersebut tidak hanya sesuai dengan kebutuhan organisasi dan mengikuti tren teknologi, tetapi juga mudah diimplementasikan dengan kualitas terbaik.

Address :
Menara 165, Lt. 12. Jl. TB. Simatupang Kav. 1, Jakarta Selatan 12560

Email : mitratex.info@mitratex.com
Phone : +62-21 7834-1202

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Apa itu ASCENT?

    ASCENT atau Assessment Center merupakan salah satu tools yang digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan assessment oleh organisasi/perusahaan untuk mengetahui tingkat compliance dan conformance.

  • Mengapa saya butuh ASCENT?

    ASCENT atau Assessment Center memudahkan organisasi/perusahaan yang ingin mengetahui tingkat kematangan IT, dan juga membantu dalam memberikan rekomendasi perbaikan untuk peningkatan. Selain itu seluruh assessor yang ada merupakan para konsultan yang memiliki pengalaman, pemahaman yanng komprehensif dalam melakukan assessment dan telah tersertifikasi.

  • Apa itu COBIT 4.1?

    COBIT 4.1 merupakan model standar pengelolaan IT yang dikembangkan oleh Information Technology Governance Institute (ITGI) dari Information System Audit dan Control Association (ISACA). Dalam COBIT 4.1 terdapat kontrol terhadap proses yang dikelompokkan ke dalam 4 (empat) area yaitu, Plan and Organize (PO), Acquire and Implement (AI), Deliver and Support (DS), dan Monitor and Evaluate (ME).

  • Apa itu COBIT 5?

    COBIT 5 merupakan evolusi dari framework sebelumnya yakni, COBIT 4.1 dengan penambahan Val IT 2.0 dan IT Risk. Dalam COBIT 5 terdapat 5 (lima) proses terdiri dari Evaluate, Direct and Monitor (EDM); Align, Plan and Organize (APO); Build, Acquire and Implement (BAI); Deliver, Service and Support (DSS); dan Monitor, Evaluate and Assess (MEA).

  • Apa itu ISO 20000?

    ISO 20000:2018 merupakan Standar Internasional mengenai Sistem Manajemen Layanan yang berfokus kepada ITSM. Assessment ISO 20000:2018 Readiness dilakukan untuk mengidentifikasi gap antara kondisi saat ini di dengan requirement yang dipersyaratkan dalam standar ISO 20000:2018, sehingga organisasi dapat melakukan improvement dari manajemen layanan yang diimplementasikan agar siap untuk disertifikasi.

  • Apa itu ISO 27001?

    ISO/IEC 20071:2013 atau sering disebut Information Security Management System (ISMS) adalah standar terkait tata kelola pengamanan informasi untuk memastikan perlindungan atas kerahasiaan (Confidentiality), integritas (Integrity), dan ketersediaan (Availability) dari suatu informasi.

  • Apa itu Sustainable Development Goals (SDGs)?

    SDGs merupakan agenda 2030 yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan. Dalam SDGs terdiri dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan dan 169 area.

  • Apa itu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)?

    SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Pengukuran tingkat kematangan kapabilitas fungsi teknis teknis pada metode e-Government Maturity Model (eMM) yang terdiri dari 3 domain, 7 aspek, dan 35 indikator.

  • Apa itu ITIL v2?

    ITIL V2 merupakan best practice manajemen layanan IT edisi kedua yang terdiri dari 2 kelompok yaitu, Service Delivery dan Service Support.

  • Apa itu ITIL v3?

    ITIL V3 merupakan salah satu best practice yang paling banyak diacu oleh organisasi dalam konteks pengelolaan layanan IT (IT Service Management/ITSM).Dalam ITIL v3 memiliki 26 proses dan 4 fungsi yang terbagi ke dalam 5 (lima) domain yaitu, Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement.

  • Apa itu ITIL 4?

    ITIL 4 merupakan versi terbaru dari rangkaian best practice IT Service Management, terdapat 2 besaran dalam ITIL 4 yang perlu dipahami yaitu, Service Value System (SVS) dan Service Value Chain. Dalam ITIL memiliki 4 (empat) dimensi yaitu organization & people, information technology, partner dan supplier, value stream dan process.

  • Apa itu The Open Group Architecture Framework (TOGAF)?

    TOGAF merupakan salah satu acuan kerangka kerja untuk melakukan pengembangan, penerapan, dan pengelolaan arsitektur dibidang teknologi informasi pada sebuah organisasi atau perusahaan.

  • Apa itu GDPR?

    GDPR (General Data Protection Regulation) adalah peraturan mengenai Data Privacy yang diterapkan bagi seluruh perusahaan di dunia yang menyimpan, mengolah, atau memproses personal data penduduk EU / Uni Eropa.

  • Apa itu ISO 45001?

    ISO 45001 adalah sebuah standar internasional untuk manajemen Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang menggantikan standar OHSAS 18001. Standar ini menyediakan kerangka kerja yang kuat dan efektif untuk mengurangi risiko di tempat kerja dan menciptakan tempat kerja yang aman dan sehat untuk pekerja, kontraktor, pemasok, pengunjung, dan tamu, yang memungkinkan sebuah organisasi untuk proaktif meningkatkan kinerja SMK3-nya.

  • Apa itu ISO 14001?

    ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) merupakan sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan. Tahapan dalam pengembangan wawasan tentang lingkungan terdiri dari 4 (empat), yaitu: Tahap perencanaan perubahan, Tahapan pelaksanaan, Tahapan pemantauan, Tahapan tindak lanjut.

  • Apa itu ISO 22301?

    Penyusunan BCP IT mengacu kepada ISO 22301 yang merupakan standar internasional untuk Business Continuity Management System (BCMS). Standar internasional ini menerapkan model PDCA (Plan- Do- Check- Act) untuk merencanakan, menyusun, implementasi, menerapkan, memantau, meninjau, mengelola dan melakukan peningkatan efektivitas BCMS secara terus-menerus dalam suatu organisasi atau perusahaan.

  • Apa kelebihan utama menggunakan ASCENT dalam melakukan Assessment?

    Dalam ASCENT metode dan formula yang ada telah digunakan oleh puluhan organisasi dan proyek, selain itu expertise yang terlibat telah tersertifikasi.

  • Apakah Assessment dengan framework COBIT 5 dan COBIT 2019 berbeda?

    Setiap framework yang ada di ASCENT memiliki tipe assessment yang berbeda, mulai dari metode, formula dan tipe kuesioner hingga output (nilai/report).

  • Apakah Assessment yang dilakukan oleh ASCENT hanya terbatas untuk IT?

    ASCENT memiliki beberapa framework pilihan didalamnya yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan.

  • Apa itu Self-Assessment?

    Self-assessment merupakan kegiatan assessment yang dilakukan secara gratis oleh organisasi/perusahaan.

  • Apakah ASCENT bisa digunakan oleh semua jenis perusahaan baik BUMN maupun Non-BUMN?

    ASCENT disediakan untuk seluruh jenis perusahaan bukan hanya dari jenis BUMN tetapi Non-BUMN juga yang akan dan telah memiliki departemen khusus IT.

  • Apakah ASCENT menyediakan fitur Trial Assessment?

    Sebelum melakukan assessment berbayar, perusahaan bisa melakukan trial untuk mengetahui fitur dan isi dari assessment center.

  • Bagaimana cara melakukan pendaftaran untuk melakukan Assessment pada Assessment Center?

    Sebelum melakukan pembayaran pastikan bahwa organisasi/perusahaan sudah mengajukan permintaan quotation.

  • Bagaimana cara melakukan pendaftaran untuk melakukan Assessment pada Assessment Center?

    Sebelum melakukan pembayaran pastikan bahwa organisasi/perusahaan sudah mengajukan permintaan quotation untuk menentukan Framework yang akan dilakukan assessment.

  • Apakah saja yang didapatkan setelah melakukan Assessment pada Assessment Center?

    Fasilitas yang didapatkan setelah assessment tergantung pada paket assessment yang dipilih (Lite, Basic, Standard, Enterprise), umumnya yang diberikan adalah Laporan Hasil Assessment, Rekomendasi perbaikan, Gap Analysis.

  • Apa yang didapat untuk assessment Lite?

    Assessment paket lite merupakan self-assessment yang dilakukan gratis untuk seluruh framework yang aktif oleh organisasi/perusahan, namun memerlukan verifikasi dari admin untuk mengaktifkan akun assessment.

  • Apa yang didapat untuk assessment Basic?

    Assessment paket lite merupakan self-assessment yang dilakukan gratis untuk seluruh framework yang aktif oleh organisasi/perusahan.

  • Apa yang didapat untuk assessment Standard?

    Assessment paket enterprise mendapatkan validasi/penilaian dari assessor dan GAP & Rekomendasi.

  • Apa yang didapat untuk assessment Enterprise?

    Assessment paket enterprise mendapatkan validasi/penilaian dari assessor, konsultasi, GAP & Rekomendasi, dan Roadmap.

  • Apakah seluruh proses yang ada di COBIT wajib dilakukan saat Assessment?

    Terdapat 2 framework COBIT dalam ASCENT, pada COBIT 4.1 terdapat 34 Proses sedangkan COBIT 5 terdapat 37 Proses. Dalam melakukan Assessment tidak harus selalu memilih seluruh proses, sesuai dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

  • Mengapa menu Dokumen Pendukung dalam ASCENT tidak bisa terbuka?

    Untuk mengakses menu Dokumen Pendukung organisasi/perusahaan wajib menggunakan paket Basic/Standar/Enterprise.

  • Mengapa Video Penjelasan tiap proses pada tiap pertanyaan dalam ASCENT tidak bisa terputar?

    Untuk memutar Video Penjelasan tiap proses organisasi/perusahaan wajib menggunakan paket Basic/Standar/Enterprise.

  • Mengapa Spider Chart pada menu Report dalam ASCENT tidak bisa terbuka?

    Untuk menampilkan Nilai hasil Assessment dan report Spider Chart organisasi/perusahaan wajib menggunakan paket Basic/Standar/Enterprise.

  • Apakah jika assessment sudah di submit lalu ingin dilakukan perubahan harus mendaftar kembali dari awal?

    Setiap assessment yang sudah disubmit bisa di unsubmit, kecuali dalam kondisi assessor telah melakukan validasi dan penilaian dari hasil assessment.

  • Apakah assessment yang sudah di submit bisa di unsubmit?

    Setiap assessment yang sudah disubmit bisa di unsubmit, kecuali dalam kondisi assessor telah melakukan validasi dan penilaian dari hasil assessment.

  • Apakah assessment yang sudah di submit bisa di unsubmit jika assessor sudah melakukan validasi atau penilaian hasil assessment?

    Untuk assessment yang sedang dalam tahap validasi atau penilaian assessor tidak bisa di unsubmit, kecuali ada assessor melakukan re-submit untuk proses tertentu.

  • Apakah perlu membuat akun baru jika ingin melakukan assessment dengan framework yang berbeda?

    Dalam 1 (akun) organisasi/perusahaan bisa melakukan assessment beberapa kali selama framework/standard yang dipilih masih berstatus aktif (tidak ada logo cooming soon)

  • Mengapa ketika melakukan pendaftaran akun dan akan melakukan assessment tidak bisa dilakukan (muncul pop-up alert)?

    Untuk setiap akun yang melakukan pendaftaran assessment di ASCENT maka ada dilakukan verifikasi oleh admin, jika dalam jangka waktu tertentu akun belum terverifikasi bisa menghubungi Contact Center.

  • Mengapa menu dokumen pendukung tidak bisa terbuka akan tetapi paket assessment sudah menjadi Basic/Standard/Enterprise?

    Untuk assessment yang sudah mendaftar sebagai paket Basic/Standard/Enterprise maka admin akan melakukan verifikasi.

  • Apakah pelaksanaan assessment diikuti dengan kegiatan training?

    Setiap sebelum melakukan assessment biasanya akan dilakukan sesi sharing knowledge mengenai framework dan sharing penggunaan ASCENT.

  • Apakah pelaksanaan assessment diikuti dengan kegiatan consulting?

    Selama kegiatan assessment organisasi/perusahaan akan diberi sesi pendampingan untuk membantu melengkapi dokumen pendukung saat menjawab setiap atribut dalam kuesioner.

  • Bagaimana jika ASCENT tidak bisa diakses?

    Tools ASCENT sedang dalam masa perbaikan, mohon kesediannya untuk menunggu sesaat.

  • Apa yang dilakukan jika assessment baru tidak terbuat saat mendaftar?

    Pelaksanaan assessment di ASCENT berdasar framework tidak terbatas, namun dalam 1 (satu) akun akan dibatasi dalam membuat assessment baru.

  • Apa yang dilakukan jika menerima chat dari Assessor?

    Selama masa validasi/penilaian, assessor bisa mengirim chat kepada organisasi/perusahaan untuk konfirmasi sebelum submit.

  • Apa yang dilakukan jika ingin upload dokumen pendukung saat menerima chat dari assessor?

    Selama masa validasi/penilaian, assessor bisa meminta dokumen pendukung tambahan untuk membantu menemukan evidence.

  • Apa yang dilakukan jika ingin upload dokumen pendukung saat menerima chat dari assessor?

    Selama masa validasi/penilaian, assessor bisa meminta dokumen pendukung tambahan untuk membantu menemukan evidence.

  • Bagaimana cara melihat komen dari assessor?

    Setelah assessor selesai melakukan validasi/penilaian dan submit, maka organisasi/perusahaan bisa melihat komen yang diberikan pada menu report.

  • Bagaimana cara melihat rekomendasi dari assessor?

    Setelah assessor selesai melakukan validasi/penilaian dan submit, maka organisasi/perusahaan bisa melihat rekomendasi yang diberikan pada menu report.

  • Bagaimana cara mendaftar untuk proyek assessment?

    Untuk menjadikan proyek bisa menghubungi contact yang tertera pada menu Contact Us.