
ITIL V2 merupakan best practice manajemen layanan IT edisi kedua yang terdiri dari 2 kelompok yaitu, Service Delivery dan Service Support. Kelompok Service Delivery menjelaskan proses-proses yang dibutuhkan dalam persiapan layanan-layanan TI, sedangkan kelompok Service Support menjelaskan proses-proses dan fungsi yang dibutuhkan dalam memberikan dukungan ketika layanan-layanan TI sudah digelar. Total terdapat 10 proses dan 1 fungsi yang dijelaskan dalam kedua kelompok proses tersebut.
ITIL v2 dirilis pada tahun 2001 dan merupakan pendekatan berorientasi proses untuk manajemen layanan IT. ITIL v2 menekankan pada desain layanan dan strategi layanan.
Namun, ITIL v2 sekarang dianggap sebagai standar “de facto” dalam bidang manajemen layanan, meskipun tidak selalu disarankan agar organisasi mengadopsinya secara keseluruhan.
Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang ITIL v2 dan bagaimana hal itu dapat membantu perusahaan Anda, silakan hubungi kami. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.