ITIL 4

ITIL 4 merupakan versi terbaru dari rangkaian best practice IT Service Management. ITIL 4 dirancang agar dapat disesuaikan dan fleksibel untuk meningkatkan kolaborasi dan meningkatkan komunikasi di organisasi, serta mengintegrasikan konsep Agile dan DevOps ke dalam strategi ITSM. Terdapat 2 besaran dalam ITIL 4 yang perlu dipahami yaitu, Service Value System (SVS) dan Service Value Chain.

SVS menjelaskan bagaimana semua komponen dan aktivitas organisasi bekerja bersama sebagai sebuah sistem untuk memfasilitasi penciptaan nilai (value creation). Sementara Service Value Chain merupakan framework dasar dalam memahami proses dan practice apa saja yang terdapat dalam ITIL 4, yang terdiri dari Plan, Improve, Engage, Design & Transition, Obtain/Build, dan Deliver & Support.

ITIL mendefinisikan empat dimensi yang berperan bagi efektivitas dan efisiensi dari setiap layanan agar dapat memberikan value bagi customer. Keempat dimensi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. organization & people
  2. information technology
  3. partner dan supplier
  4. value stream dan process

Keempat dimensi tersebut merupakan komponen yang sangat penting dari setiap layanan yang diberikan, sehingga harus didefinisikan dengan benar.

Tertarik untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan melalui ITIL 4? Hubungi kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.