ISO 14001

ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) merupakan sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

Tujuan ISO 14001 adalah untuk memungkinkan organisasi dari semua jenis atau ukuran untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang berkomitmen untuk bertanggung jawab pada lingkungan; seperti keberlanjutan sumber daya, pencegahan polusi, mitigasi perubahan iklim dan minimalisasi dampak lingkungan.

Dengan menerapkan ISO 14001 artinya merencanakan pengendalian terhadap seluruh aktivitas perusahaan yang berpotensi merugikan lingkungan. Perusahaan/organisasi juga wajib untuk memahami seluruh aturan dan hukum mengenai lingkungan. Diterapkannya ISO 14001 harus disertai komitmen dari manajemen perusahaan.

Selain itu, pengembangan wawasan tentang lingkungan hidup pada setiap karyawan juga penting untuk kelestarian lingkungan. Penerapan ISO Lingkungan ini juga memerlukan tahapan-tahapan yang sistematis. Tahapan tersebut berupa :

  • Tahap perencanaan perubahan
  • Tahapan pelaksanaan
  • Tahapan pemantauan
  • Tahapan tindak lanjut

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana ISO 14001 dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan kinerja lingkungan, jangan ragu untuk menghubungi kami.